Pengertian
- Waralaba (Inggris: Franchising;Prancis: Franchise) untuk kejujuran atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.
- Menurut pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa
- Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, Waralaba adalah Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu
Dengan kata
lain, Franchising (pewaralabaan) pada hakekatnya adalah sebuah konsep pemasaran
dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat.
Hubungan franchise
dengan nasionalisme
Usaha franchise
ini juga dapat berakibat buruk pada usaha-usaha kecil milik orang indonesia. Dengan
merebaknya dan menjamurnya franchise ini dimana semakin hari semakin banyak
penggermanya, telah dapata mematikan usaha makanan asli orang indonesia. Telah mematikan
sumber penghasilan orang-orang yang bergantung pada usaha makanannya. Memang franchise
yang merupakan salah satu bentuk dari globalisasi ini tidak dapat kita hindari,
karena mau tak mau kita juga harus menjadi pribadi yang mengikuti jaman, namun
tetap berpegang teguh pada nasionalis. Ini dapat kita realisasikan dalam bidang
usaha yaitu dengan membuka usaha makanan khas tradisional dengan sistem usaha
seperti franchise. Dengan begitu kita tidak tertinggal arus globalisasi namun
tetap menjunjung warisan budaya Indonesia melalui warisan kulinernya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar